Perbandingan Campuran Bahan Bakar dan Udara di Karburator

Pada putaran tinggi yang konstan, kecepatan tertinggi terjadi pada area sekeliling bibir valve di ruang bakar.   Bila pada intake manifold atau inlet dikepala kepala silinder terlalu banyak perubahan kecepetan alirannya, maka durasi tidak akan bisa tercapai untuk memenuhi kebutuhan campuran bahan bakar dan udara. 
Bagian-bagian komponen dari karburator

Modifikasi  peningkatan kerja sistim bahan bakar pada sepeda motor yang menggunakan karburator, selain memperhatikan saluran-salurannya adalah modifikasi bagian-bagian pada karburatornya sendiri. Bagian-bagian karburator (gbr. 5.8) yang mendapat perhatian dalam meriset sepeda motor balap adalah dengan perubahan pada main jet dan pilot jet, serta pada needle  jet. Tangki, saluran bahan bakar, saringan udara sebagai bagian dari sistim bahan-bakar untuk sepeda motor balap tidak banyak mengalami perubahan, hanya saringan yang terkadang tidak digunakan.

Berdasarkan gambar 5.9 diatas, ketiga bagian karburator yang dapat meningkatkan hasil pembakaran pada engine yang telah dimodifikasi adalah main jet, pilot jet dan needle jet pada throttle valve. Ketiganya berhubungan langsung dengan saluran bahan bakar dan  udara yang masuk akibat hisapan atau kevakuman dalam ruang silinder olelh kerja piston. Untuk saluran udara seperti air screw.

Sistem Kerja Karburator

Campuran bahan bakar dan udara yang masuk kedalam ruang silinder perbandingan rasio teoritis (standar) adalah : 15 (gram udara) : 1 (gram fuel), perbandingan rasio untuk engine putaran tinggi adalah 12 – 13 (gram udara)  :  1 ( gram fuel), dan untuk engine yang sistim pendinginannya minimal perbandingan rasionya adalah  10 – 12 (gram udara) :  1 (gram fuel). Seperti pada gbr. 81 hubungan antara pembukaan throttle valve dan perbandingan rasio pemasukan bahan bakar dan udara. Power maksimum pada perbandingan rasio bahan bakar dan udara pada 12 – 13  :  1. Gambar 5.10 adalah grafik perbandingan rasio  antara bahan bakar dengan udara.

Grafik Perbandingan campuran bahan bakar dan udara karburator

0 komentar:

Poskan Komentar