Fuel System Sepeda Motor


Terjadinya pembakaran disebabkan tiga faktor, yaitu: bahan bakar, udara dan temperatur tinggi (api). Proses pembakaran terjadi apabila ketiga faktor tersebut ada, bila salah satu tidak terpenuhi maka proses pembakaran tidak akan terjadi. Berarti proses pemasukan campuran bahan bakar dan udara  yang terjadi sangat diperlukan untuk memperoleh terjadinya atau hasil pembakaran yang maksimal. Sistim bahan bakar sepeda motor yang ada saat ini adalah sistim bahan bakar yang menggunakan Electronic Fuel Injection dan Manual (menggunakan karburator). Sistim bahan bakar dengan sistim elektronik system akan dijelaskan pada bagian pengembangan sistim kelistrikakan pada bagian berikutnya.

Sepeda motor yang menggunakan sistim injeksi (Electronic Fuel Injection), bahan bakar dari tangki ditekan oleh pompa listrik yang terdapat didalam tangki bahan bakar. Pompa bahan bakar ini terletak pada bagian bawah tangki, sehingga pompa bahan bakar terendam oleh bahan bakar didalam tangki. 

Bekerjanya sistim bahan bakar ini berdasarkan kontrol elektronik (Electronic Control Unit). Besar kecilnya kebutuhan bahan bakar ditentukan oleh Electronic Fuel Injection disaat langkah pemasukan. Jumlah bahan bakar yang masuk disesuaikan dengan jumlah udara yang masuk. EFI memiliki sensor unit pada intake manifold yang akan mengirimkan sinyal jumlah atau kapasitas udara yang masuk, setelah langkah kompresi barulah campuran bahan dan udara yang telah bertekanan tinggi ini dibakar oleh letikan bunga api dari busi juga. Gambar 5.1 merupakan sistim bahan bakar sepeda motor yang menggunakan EFI.

Sistim bahan bakar manual pada sepeda motor yang bekerja berdasarkan gravitasi, bahan bakar dari tangki akan turun atau mengalir ke karburator. Sedangkan masuknya campuran bahan bakar dan udara, disebabkan oleh hisapan piston. Saat piston bergerak dari TMA ke TMB atau pada langkah pemasukan inilah terjadinya penghisapan/pemasukan campuran bahan bakar dan udara kedalam ruang silinder, kemudian dipampatkan atau ditekan untuk meningkatkan tekanan dan kepadatan campuran bahan bakar dan udara yang masuk.  Setelah campuran bahan bakar dan udara tinggi tekanannya barulah dibakar oleh letikan bunga api dari busi. Akibatnya pembakaran akan timbul energi dorong (ledakan) yang akan mendorong piston dari TMA ke TMB, kemudian tenaga dorong ini diubah oleh crank shaft menjadi tenaga putar. 

Sistem Bahan Bakar Dengan EFI

0 komentar:

Poskan Komentar